Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

Ini Dia Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Vitamin C Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh ~ Sebagai manusia kita dapat mengambil manfaat vitamin C untuk membangun dan mempertahankan kesehatan tubuh. Vitamin jenis ini amatlah populer dalam keseharian kita karena kemampuannya untuk mengurangi gejala flu biasa. Saya sendiri ketika merasakan ada gejala flu maka dengan cepat langsung mengkonsumsi vitamin C.

Sebenarnya manfaat dari vitamin C yang juga dikenal sebagai asam L-askorbat jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya. Nah, Apa saja manfaat vitamin C ?

manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh


Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh


Vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan gejala flu. Ketika tubuh mendapat asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup maka gejala flu biasa dapat dikurangi dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C bertanggung jawab untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh.

Vitamin C sangat penting untuk untuk produksi kolagen dalam tubuh kita. Kolagen, suatu protein yang berlimpah dalam tubuh kita dan komponen utama dari jaringan ikat kami tidak dapat diproduksi dalam ketiadaan vitamin C.

Oleh karena itu, jumlah yang tidak memadai dari vitamin C memperlambat produksi kolagen yang juga memiliki efek negatif pada elastisitas kulit kita, meningkatkan kemungkinan penuaan kulit dini. Kulit lebih rentan terhadap memar serta akibat dari kekurangan vitamin C.

baca juga : cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami

Vitamin C berperan meningkatkan penyerapan zat besi non-heme. Besi non-heme hanya diperoleh dari sumber zat besi non-daging. Hal ini terutama penting bagi mereka yang menderita anemia, vegetarian atau ibu hamil yang membutuhkan dosis yang lebih tinggi dari besi. Vitamin C juga memiliki peran penting untuk kesehatan jantung kita dengan menjaga kadar kolesterol di cek dan menormalkan tekanan darah tinggi. Telah ditemukan bahwa orang yang memiliki dosis tinggi vitamin C dalam aliran darah mereka memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

baca juga : cara alami menurunkan kadar kolesterol

Sumber vitamin C dapat ditemukan dalam buah jeruk, mangga, pepaya, jambu biji, kembang kol, kubis merah, brokoli, strawberi, paprika manis merah / hijau, melon, jus tomat.

Variasi konsumsi vitamin C sebaiknya disesuaikan dengan beberapa kriteria, Non perokok harus mengkonsumsi sekitar 60 miligram vitamin C sehari, Sementara mereka yang merokok harus bertujuan untuk mendapatkan setidaknya 100 mg sehari.

Wanita hamil juga harus mencoba untuk mendapatkan setidaknya 100 mg vitamin C dan sekitar 150 mg dalam masa menyusui.

Efek samping paling umum dari vitamin C overdosis biasanya terjadi sakit perut, timbul gas, diare, sakit kepala atau gangguan tidur.

artikel lainnya : cara mengatasi insomnia (susah tidur)

Orang yang menderita kelebihan zat besi atau mereka yang memiliki batu ginjal harus menghindari sejumlah besar vitamin C sedangkan bagi Ibu yang sedang hamil sebaiknya berkonsultasi ke pihak medis sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Tentunya kita harus pandai mengambil manfaat vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh sejak dini sehingga dalam tubuh terdapat kekebalan yang merupakan tameng alami setiap saat.


Tag : kesehatan
Back To Top