Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI GATAL PADA SELANGKANGAN


penyebab dan cara mengobati gatal pada selangkangan

Gatal pada daerah selangkangan merupakan masalah yang sering terjadi, dan bisa menimpa siapa saja, walaupun umumnya lebih sering terjadi pada kaum pria. Selain pada selangkangan, gatal dan iritasi juga sering mendiami pada lipatan kulit lainnya misalnya saja di sela-sela jari atau di sekitar bokong.

Rasa gatal yang timbul tentunya membuat penderita sangat tidak nyaman, dan jika tidak diatasi dengan benar dapat menyebabkan lecet pada kulit penderita.

Apa sih penyebab gatal dan ruam pada bagian selangkangan?


Penyebabnya adalah perpaduan antara panas, lembab, dan gesekan kulit dengan pakaian, hal ini merupakan penyebab umum yang menjadikan kulit menjadi merah dan teriritasi. Selain itu, gatal juga bisa timbul akibat serangan suatu mikroorganisme seperti jamur dan bakteri yang bersarang di daerah selangkangan. Adalah tempat yang menjadi sasaran empuk bagi jamur untuk dapat berkembang dengan mudah di tempat yang hangat dan lembab.

Faktor kebersihan tubuh dan kebiasaan sehari-hari juga merupakan faktor utama penyebab seseorang mengalami masalah gatal pada selangkangan tersebut.

Bagaimana cara mengobati gatal di selangkangan ?


Apabila anda mengalami masalah gatal-gatal di selangkangan, anda bisa mencoba beberapa langkah pengobatan berikut ini:

Gunakan krim, salep atau bedak anti-jamur
Oleskanlah salep atau krim yang mengandung 1% hidrokortison pada daerah selangkangan, paling tidak 2 kali sehari sehabis mandi. Ulangi cara ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

Menjaga kebersihan
Berikan perhatian khusus pada kebersihan daerah selangkangan anda. Dengan cara menepuk-nepuk secara lembut pada bagian selangkangan menggunakan handuk bersih hingga benar-benar kering sehabis mandi


Gunakan pakaian yang longgar
Pakailah pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi dan lecet,  kenakan celana atau dalaman yang longgar agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik sehingga tidak menjadikan selangkangan panas dan lembab.

Jangan menggaruk kulit yang gatal
Janganlah berkeinginan untuk menggaruk selangkangan yang gatal tersebut. Karena saat menggaruk akan menyebabkan iritasi kulit. Dan untuk membantu mengurangi rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin.

Potong kuku jari
Hal ini dilakukan untuk menjaga proses menggaruk pada saat tidur yang tentunya dalam keadaan tidak sadar. sehingga kulit yang tergaruk tidak akan lecet.

Jika masalah gatal di selangkangan tidak juga sembuh setelah lebih dari seminggu, atau bahkan semakin memburuk, segeralah periksa ke dokter untuk ditangani oleh orang yang lebih ahli lagi dan teratur.
Semoga bermanfaat.

Tag : kesehatan
Back To Top