Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB BAYI SERING MUNTAH SUSU


penyebab bayi sering muntah susu

Penyebab Bayi Sering Muntah Susu ~ Bayi yang berusia antara 3-6 bulan seringkali mengalami muntah susu atau biasanya disebuh gumoh. Apalagi saat bayi sedang mengalami batuk atau saat menangis yang berlebihan. Ada juga bayi yang bisa mengalami gumoh hingga 3 kali dalam satu hari, dan hal ini masih dikategorikan normal.

Sebenarnya apa penyebab bayi muntah dan mengapa sering terjadi dibandingkan dengan usia anak-anak ? Salah satu penyebabnya adalah lemahnya otot bagian bawah esofagus yang bekerja membuka dan menutup katup rongga mulut saat memasukkan makanan. Karena kondisi lemahnya otot esofagus (refluks gastroesofagus) pada usia ini ditambah bayi sedang batuk atau menangis mempermudah makanan untuk keluar lagi.

Saat bayi gumoh merupakan pertanda bahwa bayi sudah mulai kenyang, tetapi ada juga bayi yang mengalami hal tersebut di atas ( refluks ) walaupun takaran makanan sudah sangat sedikit. Hal ini perlu diperiksa lebih lanjut karena dikhawatirkan bayi mengalami gangguan kesehatan, misalnya asam lambung yang meningkat, atau iritasi pada kerongkongan.

Jikalau gumoh masih dalam tahap wajar, maka orang tua tidaklah perlu merasa khawatir dengan hal ini, karena fase ini akan berakhir dengan sendirinya karena pertambahan usia pada bayi. Usia 5-6 bulan sistem pencernaan pada bayi akan semakin baik. Dan diusia 6 bulan bayi sudah boleh mendapatkan makanan pendamping ASI yang menandakan bahwa pencernaan sudah menjadi lebih kuat lagi.

Bagaimana cara mengatasi bayi muntah / gumoh ?


Jika bayi sedang gumoh, Anda tidak perlu panik karena cara mengatasinya cukup mudah yaitu :
  • Setiap selesai memberikan ASI pastikan bayi dapat bersendawa sehingga muntah tidak akan terjadi. 
  • Setiap selesai memberikan ASI pastikan posisi badan bayi lebih tegak selama lebih kurang 20 - 30 menit
  • Segeralah mengatasi cegukan pada bayi karena merupakan salah satu penyebab muntah bayi
  • Setiap selesai memberikan ASI posisikan kepala bayi mendapatkan bantal dibawahnya, tetapi jangan terlalu tinggi agar si bayi tidak kesulitan bernafas.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi sering muntah susu, sebagai catatan jika memberi susu pada bayi sebaiknya tidaklah terlalu kenyang untuk mengurangi resiko gumoh, Terutama pada malam hari karena dikhawatirkan tingkat kewaspadaan Anda juga lemah karena sudah tertidur. :-D

Tag : bayi
Back To Top