Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

15 CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH


Cara Berhenti Merokok ~ Memang benar bahwa berhenti merokok itu memang sangat sulit untuk ditangani. Banyak orang ingin berhenti tetapi mereka tidak bisa melakukannya, bahkan ada yang sudah sempat berhenti tetapi masih kembali untuk mengulanginya lagi.

cara berhenti merokok

Merokok adalah salah satu yang paling menakutkan dan berbahaya yang dapat anda lakukan untuk diri sendiri. Tapi mengapa masih banyak orang yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan tersebut?  Mereka tidak bisa karena terlalu banyak kecanduan rokok yang mengandung nikotin di dalamnya. Awal pertama merasakan rasanya rokok ini biasanya terjadi dari pergaulan dengan orang yang merokok, dari sekedar coba-coba hingga kecanduan dan ada pula yang berpendapat bahwa cara seperti itu dapat menarik simpati bagi yang lainnya.

Apabila anda berencana untuk berhenti merokok, namun tidak bisa melakukannya, maka anda bisa lihat cara berhenti merokok disini yang dapat menjadi bahan inspirasi untuk anda nantinya.

cara berhenti merokok dengan mudah


1. Katakan Berhenti Merokok
Beritahu teman atau kerabat dekat bahwa Anda sudah berhenti merokok saat ini, biarkan diejek dan mintalah dukungan dari rekan atau kerabat tersebut agar diingatkan selalu tentang niat tersebut.

2. Hindari kebiasaan lama
Jika sebelumnya memiliki kebiasaan merokok saat minum kopi, minum alkohol, ngumpul-ngumpul, acara lainnya maka hindarilah.

3. Cari kesibukan
Upayakanlah untuk mencari kesibukan dengan aktifitas yang menyenangkan dan jangan menyendiri sehingga tidak akan terpancing untuk mencoba merokok lagi.

4. Kerja di ruangan AC
Jika memiliki kebiasaan merokok saat bekerja, sebaiknya pindah ke ruangan yang berpendingin A/C. Kita tahu bahwa ruangan seperti itu tentu tidak diperbolehkan untuk merokok, jadi mau tidak mau harus tahan untuk melakukan kebiasaan seperti itu lagi.

5. Berbahaya bagi Kehamilan.
Ketahuilah bahwa merokok menyebabkan banyak risiko buruk bagi kesehatan kehamilan. Ini menunjukkan bahwa ibu yang merokok cenderung melahirkan bayi dengan berat badan tidak normal dan prematur. Setelah hamil, kesehatan janin di dalamnya tergantung pada anda. Jadi, anda harus menjaga kehamilan dengan menghindari merokok.

6. Akupunktur
Ini dapat membantu Anda berhenti merokok. Yang mana, pengobatan ini memiliki efektif untuk membantu mengatasi kecanduan tembakau. Akupunktur memiliki dua strategi untuk penghentian merokok. Salah satunya adalah "berhenti tiba-tiba" dimana pengobatan mengurangi kecanduan merokok. Yang kedua adalah "Tahapan" di mana dalam pengobatan seperti ini untuk mengubah rasa rokok.

7. Liburan ke lokasi larangan merokok.
Melakukan perjalanan liburan dapat menjadi alasan yang baik untuk melupakan merokok. Anda akan merasakan kegembiraan dan bersenang-senang bersama keluarga terutama dengan anak-anak Anda, tanpa memikirkan merokok mengganggu pikiran Anda.

8. Menghemat uang
Bayangkan jika Anda tidak merokok dalam waktu 1 bulan, uang yang bisa disimpan berapa banyak, bagaimana jika seterusnya tidak merokok ? Tentu akan lebih banyak lagi, Dan katakan pada diri Anda bahwa gara-gara merokok saya kehilangan banyak uang.

9. Sering melihat foto-foto yang mengalami penyakit karena merokok.
Apabila anda sering melihat foto tersebut, tentu pikiran anda akan berubah ke pola pikir yang positif. Sehingga memberikan kontribusi penghayatan yang lebih dalam.

10. .Berolahraga
Meluangkan waktu berolahraga dipagi hari merupakan cara yang terbaik untuk membersihkan kotoran pada wajah. Dimana setiap wajah anda keluar keringat, maka kotoran pun akan lebih cepat dibersihkan.

11. Pikirkan Anak
Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, lihat ke arah mereka, bayangkan jika Anda masuk rumah sakit atau meninggal, siapa yang akan mengurus dan menanggung biaya atau kasih sayang anak tersebut ?

12. Jangan katakan "Cuma satu batang aja kok"
Tahanlah niat untuk merokok dengan alasan "cuma satu batang aja kok", atau "cuma sekali ini aja" atau "gak akan mati cuma satu batang" , Jika hal tersebut tetap dilakukan maka bisa dipastikan bahwa usaha untuk berhenti merokok tidak akan berhasil.

13. Makan Permen
Kunyahlah permen karet sebagai pengganti keinginan untuk merokok, sediakan selalu permen karet atau permen kesukaan di dalam kantong atau meja kerja agar kebiasaan buruk kembali menghantui.

14, Tidur lebih awal
Usahakan untuk tidur lebih awal dan lebih banyak untuk menghambat niat merokok

15. Kunjungi Rumah Sakit
Sekali-kali kunjungilah rumah sakit yang merawat orang sakit akibat merokok, Lihatlah apa yang terjadi jika mengikuti kebiasaan seperti yang pernah dilakukan yaitu penyakit jantung kotoner, penyakit paru-paru, tenggorokan dan lain-lain, Biasanya hati akan merasa ciut jika sudah berada di rumah sakit melihat kondisi pasien yang sedang dirawat.

Penyebab merokok biasanya terjadi pada timbul lingkungan individu. Misalkan saja jika ada orang yang berkumpul di beskem, mereka saling bercanda tawa sambil merokok. Maka orang yang ikut ke tempat beskem tersebut, tentu mereka akan mencoba merasakan. Hal itu, mereka akan kecanduan merokok setiap harinya. Dengan hal seperti ini, tentunya jumlah perokok akan meningkat yang lebih banyak dan akan berkembang setiap tahunnya dan mulai turun temurun ke generasi selanjutnya.

Dan jika Anda sudah membaca artikel cara berhenti merokok ini, maka bersegeralah untuk melaksanakan niat Anda yang sangat baik untuk kesehatan dan masa depan Anda. Salam sukses, Anda pasti bisa !!
Tag : kesehatan
Back To Top