Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

CARA ALAMI MERAWAT KULIT TUBUH / WAJAH SETELAH MELAHIRKAN


cara alami merawat kulit tubuh / wajah setelah melahirkan
Setiap wanita tentu bisa melahirkan dan itu merupakan sebuah karunia yang amat besar dari Sang Pencipta. Karunia besar tersebut sangatlah didambakan oleh para wanita, tetapi disamping itu ada suatu kekhawatiran terhadap bentuk kulit tubuh dan wajah setelah melahirkan. Karena itu banyak para wanita yang merasakan dirinya tidak secantik sebelum melahirkan, hal tersebut sangatlah wajar terjadi.

Perubahan bentuk kulit tubuh dan wajah sangatlah dirasakan setelah melahirkan, ada sebagian yang mendapati flek hitam ataupun berupa jerawat pada wajah bahkan selulit juga sangat dirasakan.  Timbulnya perubahan terjadi karena adanya gangguan peningkatan aktifitas hormon pada saat proses kehamilan. Sedangkan timbulnya selulit dapat disebabkan adanya penurunan elastisitas jaringan kulit.

Ada tips alami yang dapat dilakukan agar kesehatan kulit tubuh atau wajah dapat kembali normal seperti sebelumnya. Jadi tidaklah perlu khawatir jika terjadi perubahan pada kulit tubuh atau wajah Anda setelah proses melahirkan.

Cara Alami Merawat Kulit Tubuh / Wajah Pasca Melahirkan


1. Jamu Bersalin
Jamu bersalin lengkap merupakan salah satu cara merawat kulit secara alami setelah melahirkan. Dalam resep jamu bersalin yang berada di pasaran biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam ramuan untuk mengencangkan kulit kendor atau selulit yang berbentuk minuman atau juga digunakan sebagai lulur dan masker.

2. Ramuan Lidah Buaya
Gunakan krim yang terbuat dari ramuan alami misalnya lidah buaya. Ramuan lidah buaya bisa digunakan untuk lulur kulit terutama pada daerah perut yaitu dengan mencampurkan lidah buaya, minyak kayu putih dan kapur dan dioleskan pada bagian yang diinginkan. Campuran ini bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas kulit perut serta menyamarkan bekas stretch mark.

3. Konsumsi Sayur dan Buah
Perbanyaklah mengkonsumsi sayur maupun buah-buahan yang banyak memiliki kandungan vitamin E, vitamin C dan kolagen yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki ataupun mengembalikan elastisitas dan kesehatan kulit pasca melahirkan. Konsumsi buah beri, apel, kiwi dan brokoli secara rutin akan mempercepat proses perbaikan jaringan kulit.

baca juga : cara merawat kecantikan kulit wajah secara alami

4.Gurita
Metode perawatan kulit tubuh pasca melahirkan dapat menggunakan gurita. Gurita atau stagen berguna untuk mengembalikan kekuatan otot perut yang sempat kendor akibat tekanan dan volume janin ketika masa kehamilan. Setelah melahirkan kulit dan otot perut menjadi melar karena beban yang ditampung sudah tidak ada. Nah, gurita ini berguna untuk melatih dan mengencangkan otot dan kulit perut yang kendur, selain  itu juga berguna untuk mencegah terjadinya goncangan pada organ reproduksi seperti rahim.

5. Pijat
Salah satu metode perawatan kulit tubuh dan wajah pasca melahirkan secara alami lain yang bisa dilakukan adalah melakukan pijatan. Lakukanlah pemijatan dengan penekanan lembut dan dikombinasikan dengan melakukan olahraga ringan secara rutin seperti jalan santai juga bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas jaringan kulit yang sempat mengendur usai melahirkan.

6. Senam
Ikutilah program senam pasca melahirkan, yang akan sangat efektif untuk membantu mengembalikan kebugaran maupun bentuk tubuh setelah proses persalinan. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani kapan waktu yang tepat untuk memulai proses senam tersebut.

Nah, itulah beberapa tips cara alami merawat kulit tubuh / wajah setelah melahirkan, semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses

Tag : kecantikan
Back To Top