Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

INILAH GEJALA AWAL PENYAKIT JANTUNG


Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Jantung ~ Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, yang tentu saja telah memakan banyak korban di berbagai belahan dunia. Dari data WHO yang diperoleh pada tahun 2008 ada sekitar 7,25 juta orang yang ada didunia meninggal akibat penyakit jantung, Jika dipersentasikan maka total keseluruhan kematian di tahun tersebut jumlanya sekitar 12,8% suatu angka yang amat signifikan.

Banyak penelitian yang telah dilakukan para ahli untuk mengenali ciri-ciri awal penyakit jantung. Penelitian tentang gejala yang biasa timbul pada penderita penyakit jantung ini dimaksudkan untuk membuat banyak orang menjadi lebih waspada sehingga dapat mencegahnya sedini mungkin.

gejala awal penyakit jantung

Gejala Orang Terkena Penyakit Jantung


Sebenarnya ciri awal pada setiap penderita penyakit jantung bervariasi tergantung dari jenis penyakit jantung yang dialami oleh seseorang. Dan umumnya memiliki ciri ciri atau tanda tanda seperti di bawah ini :

  • Sakit Kepala Jika Terkena Sinar Matahari

Sakit pada bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah pada jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah. Ingat bedakan dengan migrain, Jangan sampai penyakit migrain dianalogikan dan dikaitkan langsung dengan penyakit jantung loh..!

baca juga : penyebab penyakit migrain dan gejala migrain

  • Nyeri Dada

Sering kali orang mengatakan kata "masuk angin" ketika merasakan sakit / nyeri di dadanya. Mungkin ya mungkin juga tidak karena nyeri di dada tidak hanya merupakan gejala awal penyakit jantung, Dan untuk memastikannya sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nyeri dada yang dialami orang yang terkena serangan jantung berasal dari adanya penyumbatan arteri sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar seluruh tubuh

  • Sakit Pada Bagian Tubuh

Ketika arteri darah seseorang tersumbat maka menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu misal pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya, selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.

  • Merasa Mudah Lelah

Salah satu ciri lain penyakit jantung adalah merasa lebih cepat lelah walaupun orang tersebut hanya beraktifitas ringan. Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan kesehatan tubuh.

  • Sering Timbul Rasa Cemas

Kebanyakan orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga sering kali merasa tegang, ketakutan dan kecemasan. Rasa cemas ini harus dihindari karena dapat merupakan pemicu munculnya kembali serangan jantung.

  • Sering Keluar Keringat

Tubuh sering mudah mengalami keluar keringat walaupun tidak melakukan aktifitas berat. Hal seperti ini harus menambah waspada dan segera konsultasikan ke dokter.
 
  • Sesak Napas

Seseorang bisa saja mengalami sesak napas akibat pembuluh darah yang tersumbat sehingga menghambat aliran darah yang harus didistribusikan keseluruh tubuh.  Hal ini juga menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

  • Pembengkakan Tubuh

Ciri lainnya ialah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh tidak dapat terdistribusikan dengan baik.

Apabila terlihat gejala penyakit jantung seperti di atas jangan langsung menyimpulkan bahwa orang tersebut menderita penyakit jantung, Bisa saja penyakit lainnya yang hampir mirip gejala nya dengan penyakit jantung. sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar dilakukan diagnosa lebih lanjut untuk memastikannya.

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara sakit jantung dengan serangan jantung namun banyak orang yang mengartikan keduanya dengan makna yang sama. Perbedaannya ialah jika sakit jantung merupakan ketidakmampuan fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, Sedangkan serangan jantung adalah penyumbatan atau pengecilan pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen menuju jantung. Meski demikian terdapat hubungan yang erat antara keduanya.

Demikian informasi ciri gejala awal penyakit jantung semoga dapat memberikan pengetahuan dan mengupayakan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.
Tag : kesehatan
Back To Top