Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYAKIT VITILIGO, WARNA KULIT MENJADI BERCAK PUTIH


Vitiligo atau leukoderma adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada bagian tubuh. Ini adalah sebagai akibat dari kematian (melanosit) sel yang memproduksi pigmen kulit (Melanin). Kondisi seperti ini dapat terjadi hanya satu atau dua bintik-bintik putih ke daerah-daerah kulit.

penyakit vitiligo pada tangan

Ketika melanosit mati, sel-sel yang membentuk kulit tampak putih, dan ini menyebabkan gejala Vitiligo. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit turunan seperti diabetes, hipertiroidisme dan Addison. Sebagian orang, meskipun tidak semua orang yang progresif yang terjadi mulai keluarnya noda putih kecil pada kulit. Biasanya gejala ini akan timbul membesar dan menyerang keseluruh tubuh dari setiap harinya. Seperti timbul pada bagian tangan dan kaki. Sehingga demi tidak malu dilihat oleh orang lain, maka mereka akan menggunakan kaus kaki atau sarung tangan.

penyakit vitiligo pada seluruh badan

Apa itu vitiligo ?

Vitiligo adalah timbulnya penyakit yang berbentuk bintik-bintik pada kulit. Jika tubuh anda memiliki titik bintik-bintik yang berwarna putih, maka anda telah mengalami gejala vitiligo. Mungkin anda bisa melihat di bagian kaki dan kanan dalam waktu setiap hari. Apabila bintik-bintik tersebut terus membesar, maka anda harus cepat-cepat ke dokter untuk mengatasi masalah gejala ini. Supaya tidak akan menyebar luas dan mengganggu organ tubuh lainnya.

Dalam beberapa kasus, cedera fisik dibagian kulit tampaknya menyebabkan gejala baru . penyebab gejala ini kemungkinan besar bisa terjadi karena stress yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat menyebabkan gejala itu bereaksi pada tubuh dan sistem kekebalan tubuh tentu akan mendapatkan ancaman serangan yang lebih cepat.

Apabila gejala Vitiligo terjadi pada bagian kepala, maka dapat menimbulkan warna rambut menjadi berubah dan tampak ada bercak bintik-bintik atau garis-garis. Hal itu, tentunya ini akan menyerang ke bagian wajah. Ada beberapa macam pengobatan yang dapat mengatasi gejala vitiligo ini yang lebih cepat dan baik. mengetahui adanya gejala vitiligo tersebut biasanya dapat dilihat warna kulitnya hitam. Sebab, gejala vitiligo berwarna putih. Hal itu, bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata.

Mengatasi gejala vitiligo yaitu dengan cara minum obat herbal secara alami atau obat kapsul yang telah tersedia di rumah sakit. Apabila ada tetangga anda yang mengalami gejala penyakit ini, sebaiknya anda harus memberitahu kepadanya bahwa nama penyakit ini adalah vitiligo. Dan ini harus cepat-cepat di atasi dengan baik supaya tidak menyerang ke bagian tubuh lainnya.

Dengan demikian, untuk menghindari terjadinya gejala penyakit vitiligo, anda harus menjaga kesehatan dengan baik supaya tidak akan mengalami serangan penyakit yang masuk pada tubuh anda. Misalnya anda harus membiasakan diri membasuh muka dan tubuh lainnya setelah menjalankan aktivitas sehari-hari untuk menghindari masuknya gejala penyakit vitiligo.
Tag : kesehatan
Back To Top