Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI PIKIRAN YANG TERBAIK


cara meningkatkan konsentrasi pikiran yang terbaik

Cara Meningkatkan Konsentrasi Pikiran ~ Seseorang yang tdak dalam konsentrasi yang baik akan merusak pola pikir manusia yang akhirnya merusak juga aktifitas yang sedang dijalankan. Oleh karena itu tips atau cara meningkatkan konsentrasi pikiran sangatlah penting untuk kita ketahui. Keadaan konsentrasi yang rendah bukanlah merupakan suatu bentuk kebodohan seseorang, tetapi terganggunya sirkulasi gizi, oksigen, air yang mengontrol pikiran sehingga tidak dalam keadaan prima.

Tngkat konsentrasi yang buruk dapatlah kita diperbaiki dengan sesegera mungkin, dan bila tidak diperbaiki ada kemungkinan pikun juga akan melanda, Sereem juga ya.

Nah, melalui artikel ini saya akan berbagi cara meningkatkan konsentrasi pikiran, silahkan disimak ya

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran secara alami

 1. Tidur yang cukup
Istirahat yang baik adalah tidur, tentunya tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang lelap tanpa ada kegiatan bangun saat tengah malam, tidur yang tidak terbangun karena adanya suara-suara yang bising yang mengagetkan. Saat tidurlah segala aktifitas otak akan terhenti dan sel-sel otak akan kembali segar dari segala ketegangan.

2. Minum
Minumlah air yang cukup sekitar 8 gelas sehari untuk mengembalikan cairan yang hilang saat beraktifitas. Karena keseimbangan yang baik harus dilandasi kandungan air yang cukup di dalam tubuh kita.

3. Mainkan game
 Saat anda merasakan kelelahan, ada baiknya hentikan terlebih dahulu aktifitas yang menguras ketegangan otak dengan bermain game. Game yang dimaksud di sini adalah yang sederhana dan mudah untuk dimainkan tanpa harus menguras otak untuk memecahkan teka-tekinya.

baca juga : manfaat air putih untuk kesehatan

4. Jalan-jalan
Upayakan segera berjalan-jalan sejenak meninggalkan bangku kerja agar aliran darah dan sirkulasi oksigen lebih lancar, sehingga anda akan kembali fresh.

5. Makan permen karet
Saat mengunyah permen karet, konsentrasi akan lebih baik dari biasanya. Karena ketegangan akan terobati melalui kunyahan permen karet.

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran melalui makanan


1. Makan buah
Siapkan sedikit buah di atas meja kerja, selain buah baik untuk menambah cairan tubuh, saat makan buah juga akan membuat kita rileks kembali sehingga daya konsentrasi juga akan lebih baik lagi

2.  Konsumsi ikan
Upayakan sering mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk peningkatan daya konsentrasi pikiran dan otak.


3. Kafein atau Coklat
Dalam kategori konsumsi ringan dan efek jangka pendek, kandungan kafein atau coklat cair dapat membuat tubuh kita lebih berenergi dan membantu fokus.Jadi saat penat melanda anda, ada baiknya minum segelas kopi / coklat hangat juga sangatlah baik untuk mengembalikan daya konsentrasi pikiran agar lebih fokus tetapi ingatlah jangan berlebihan.

4. Sarapan
Ada penelitian bahwan orang yang rutin sarapan memiliki memori jangka pendek dan atensi yang lebih baik. Pelajar atau pekerja yang selalu sarapan memiliki nilai ujian dan daya kerja lebih baik dibanding yang melewatkan makan pagi.
Jika waktu yang menjadi kendala untuk sarapan, siapkanlah menu makanan yang praktis tetapi mengandung unsur gizi yang cukup. Contoh : sandwich berisi sayuran dan keju, atau oatmeal dan lain-lain.


5. Kacang-kacangan
Merupakan sumber antioksidan vitamin E yang terbaik dab telah terbukti bermanfaat untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif di usia lanjut.

6. Blueberry
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi blueberry membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit akibat penuaan seperti demensia. Studi juga menunjukkan pola konsumsi yang tinggi terhadap blueberry secara signifikan juga meningkatkan konsentrasi berpikir dan kemampuan motorik.

Nah, itulah cara meningkatkan konsentrasi pikrian dan otak, semoga dapat memberikan manfaat.

Tag : kesehatan
Back To Top