Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI SAKIT MATA PADA BAYI


penyebab dan cara mengatasi sakit mata bayi


Usia bayi merupakan masa manusia yang amat rentan dan rapuh terhadap ancaman berbagai macam penyakit. Karena pada masa ini, sistem daya tahan tubuh manusia masih belum matang, sehingga virus dan bakteri akan dengan mudah masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh si bayi. Salah satu organ bayi yang rentan sekali diserang bakteri dan virus adalah mata.

Mata merupakan organ penting yang merupakan salah satu dari panca indera kita. Mata adalah satu-satunya alat supaya manusia bisa melihat secara visual. Selain penting, organ mata juga terbilang sebagai organ yang begitu sensitif. Terjadi gangguan sedikit saja dapat berakibat fatal.

Untuk itu sebaiknya, bagi orangtua yang memiliki bayi, jauhkan bayi anda dari hal yang berpotensi mengancam kesehatan matanya, seperti jauhkan si kecil dari jangkauan debu dan cegah tangannya dari kontak langsung kematanya.

Hal ini penting anda lakukan, karena kebanyakan bayi seringkali menggunakan tangannya untuk menyentuh hal apapun yang bisa disentuhnya tanpa ia sadar bahwa benda yang disentuhnya berbahaya.

Virus dan bakteri yang terdapat ditangannya akan dengan mudah berpindah ke mata. Ketika mereka merasakan sesuatu terjadi dengan matanya, seperti rasa gatal atau perih, dengan spontan bayi akan mengucek matanya. Jika hal ini terjadi maka penyebaran virus dan bakteri akan semakin mudah menyebar yang berkibat pada munculnya sakit mata pada bayi.

Jadi sakit mata pada bayi biasanya disebabkan oleh kebiasaanya yang sering menguek-ngucek mata setelah meyentuh benda asing disekitarnya yang mengandung bakteri.

Penyebab Sakit Mata Pada Bayi


Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu timbulnya sakit mata pada bayi :

1.    Mata bayi yang terkontaminasi bakteri dan virus, akibat kebiasaannya sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman.

2.    Masuknya bakteri dan debu jalanan secara tidak sengaja.

3.    Akibat paparan radiasi berlebih alat elektronik.

4.    Kurangnya asupan vitamin A.

Itulah dia beberapa hal yang bisa memicu timbulnya sakit mata pada bayi. Umumnya bayi masih belum mengerti dan menyadari jika terjadi gangguan pada matanya, selain itu bayi masih belum bisa menjaga kesehatan matanya. Untuk itu, kecekatan dan pengawasan orangtua amat diperlukan, untuk mencegah dan mengatasi sakit mata yang mungkin timbul pada bayi.

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi


 1.    Perhatikan Kebersihan Mata Bayi

Untuk mencegah dan mengatasi sakit mata bayi , baiknya orangtua harus senantiasa menjaga kebersihan mata bayi dari belekan yang biasanya kerap terjadi. Meskipun awalnya sedikit, namun bila dibiarkan, maka semkain lama belekan tersebut aakan menjadi parah dan menghalangi penglihatan si bayi.

2.    Waspadai Penyumbatan Saluran Air Mata Pada Bayi

Jika kondisi ini terjadi, maka segera lakukan pemijatan dibagian area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya untuk kembali melancarkannya.

3.    Hindarkan Bayi Dari Kontak Debu Secara Langsung

Langkah ini penting sekali diaplikasikan terutama ketika bayi diajak berpergian keluar rumah. Serangan debu yang kadang sulit diprediksi karena datangnya tiba-tiba perlu anda awasi. Hindarkan bayi dari kontak langsung debu dengan cara tutupi bagian wajah bayi dengan kain atau media lain yang bersih.

4.    Jadilah Lebih Peka

Dalam hal ini, untuk dapat menghindarkan dari ancaman sakit mata adalah dengan lebih pekanya orangtua untuk mendeteksi ketika terjadi hal-hal kecil yang tidak normal pada mata bayi. Karena bagaimanapun mata merupakan organ penting yang menjamin masa depan bayi nantinya.

Mata adalah organ penting yang harus selalu dijaga. Jangan biarkan keluhan menggangu mata dan membuat mata anak menjadi rusak. Untuk itulah, kenali tanda-tanda kecil sedini mungkin jika terjadi keluhan pada mata anak.
Tag : bayi
Back To Top