Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

BAGAIMANA CARA MENGATASI BAYI CEGUKAN


Cara Mengatasi Bayi Cegukan ~ Sering kali cegukan yang terjadi pada bayi membuat kita sebagai orang tuanya merasa cemas dan kerepotan untuk dapat menghentikannya. Sebenarnya kondisi demikian tidaklah harus menjadi suatu kekhawatiran yang patut untuk dicemaskan, karena dapat hilang dengan sendirinya dan tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi yang sedang cegukan tersebut.

cara mengatasi bayi cegukan

Bayi mengalami cegukan dikarenakan fungsi saraf si bayi belumlah dapat mengatur gerakan diafragmanya dengan sempurna, walaupun tidak membahayakan jika dibiarkan tentu si bayi akan merasakan kenyamannya terganggu. Orang dewasapun bila mengalami cegukan tentu akan merasakan hal tidak nyaman bahkan menjadi jengkel juga bukan ?

Nah, jika bayi mengalami cegukan maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda tersebut, antara lain :

1. Upayakan Bayi Bersendawa

Setelah bayi menyusui sebaiknya upayakan bayi bersendawa (bertahak) yang dimaksudkan agar bayi dapat mengeluarkan udara berlebihan di dalam perutnya, dan ini merupakan salah satu cara agar dapat mengurangi menghindari terjadinya cegukan pada bayi.

Cara membuat bayi bersendawa ada dengan memposisikan bayi pada keadaan berdiri dan menyendarkannya pada pundak Anda. Saat pada posisi berdiri tersebut, tepuk-tepukan punggung si bayi dengan perlahan saja atau dipijat-pijat ringan hingga bayi bersendawa ( bertahak ).

2. Posisi Menyusui

Udara yang berlebih dapat dengan mudah masuk pada saat bayi sedang menyusui sehingga menyebabkan terjadinya cegukan. Oleh karena itu upayakan merubah posisi menyusui ataupun menghentikan sementara proses menyusui agar bayi tidak tersedak yang akan membahayakan si bayi.

3. Perhatikan Kondisi Suhu Udara

Saat bayi menyusui upayakan ruangan tidak dalam kondisi yang amat dingin, jika memang tidak bisa menghindari sebaiknya pergunakan pakaian yang lebih tebal sebelum bayi menyusui. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi suhu tubuh agar tidak mendapatkan udara dingin berlebih yang akan memancing terjadinya cegukan bayi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bayi cegukan yang dapat Anda terapkan saat bayi mengalaminya, Ingat jika setelah menyusui bayi mengalami cegukan segeralah menggendongnya dan jangan membiarkannya tidur terlentang agar tidak terjadi muntah.

Tag : bayi
Back To Top