Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB DIARE YANG HARUS DIKETAHUI


Penyebab Diare Yang Harus Diketahui ~ Diare adalah salah satu penyakit yang cukup mengerikan dan banyak menyerang manusia hingga saat ini. Tentunya dengan mengetahui apa yang menyebabkan diare adalah langkah pertama yang paling baik, karena jika anda sudah terkena diare maka mungkin anda akan akan lebih mudah terkena diare selanjutnya.

penyebab diare

Sebagian besar kita tahu apa yang menjadi penyebab diare, baik itu karena kita makan makanan yang tidak bersih (higynies) atau makanan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh kita sehingga menyebabkan diare. Setelah anda mengetahui kenapa diare terjadi, anda dapat lebih mudah mengidentifikasi sumber yang tepat dalam situasi tertentu.

Diare bukanlah penyakit yang rumit seperti penyakit kanker atau tumor. Ada penjelasan sederhana untuk setiap kasus diare. Diare terjadi karena adanya tidak cukup air dari tinja di usus besar . Mengapa tidak cukup air diambil dari tinja di usus besar?

Ada beberapa penyebab diare yang secara umum dapat mengganggu mendapatkan jumlah tepat air dari tinja di usus besar. Mereka adalah kuman dan makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh usus. Gangguan atau kuman penyebab diare adalah bakteri dan ada banyak sekali jenis bakteri berbeda yang menjadi penyebabnya.

penyebab diare penting diketahui

Penyebab Diare Yang Sering Terjadi

Penyebab diare lainnya adalah zat asing. Zat asing adalah zat yang menyebabkan reaksi alergi. Alergi makanan dapat menyebabkan diare. Salah satu zat yang bisa menyebabkan diare adalah laktosa yang bisa ditemukan di dalam susu atau produk yang biasa di konsumsi oleh kita setiap hari. Laktosa bisa menjadi benda asing ke usus kecil dan menghasilkan metana. Gas ini menyebabkan kembung dan mengganggu proses pencernaan yaitu diare.

Gangguan pencernaan dapat di obati menggunakan antibiotik. Antibiotik dapat membunuh E. coli atau jenis lain dari infeksi. Untuk semua jenis diare, dehidrasi merupakan masalah besar, terutama bagi anak-anak dan orang tua.Jadi jika anda atau siapa saja yang terkena diare maka sangat disarankan untuk minum banyak air supaya anda tidak mengalami dehidrasi. Karena jika sudah terkena dehidrasi maka tubuh akan menjadi lemas sehingga akan menjadi masalah yang sangat besar lagi. Jadi kunci utamanya adalah perbanyak minum air matang. Jika sulit menemukan air bersih yang matang, Air kelapa juga sangat baik sebagai alternative untuk mencegah dehidrasi secara alami

Pengobatan pertolongan pertama bagi orang yang terkena diare juga penting. Anda bisa memberikannya jus jambu batu atau air rebusan daun jambu untuk menghentikan diare. Dan jika diare tidak kunjung sembuh juga maka anda harus segera membawanya ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk segera di tangani, karena jika diare yang dialami sangat serius maka hal itu bisa menyebabkan kematian.

JIka Anda terkena diare dan dinyatakan sembuh, maka upayakanlah agar mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu keras dahulu agar usus lebih mudah mencerna dan tidak kaget setelah proses diare tersebut.

Menjaga lingkungan supaya tetap bersih adalah salah satu pencegahan datangnya berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh termasuk diare. Jangan makan makanan yang tidak bersih (higynies) atau tidak sesuai dengan tubuh anda dan juga biasakan untuk hidup sehat dan selalu menjaga kondisi tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.
Tag : kesehatan
Back To Top