Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol


cara alami menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati dan berbentuk seperti lilin. Dalam kadar yang normal kolesterol memiliki manfaat untuk menggerakkan fungsi seluruh anggota tubuh. Tetapi akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh, terutama dalam darah yang akan menghambat peredaran darah dalam pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung atau stroke.

Oleh karena itu kita harus tetap menjaga keseimbangan kadar kolesterol, dan jika sudah terlanjur tinggi tentu haruslah mengupayakan penurunannya untuk menghadang bahaya bagi kesehatan. Nah, berikut ini ada tips mengatasi hal seperti itu, silahkan disimak :

Cara Alami Menurunkan Kolesterol


1. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Jika Anda telah mengidap kadar kolesterol yang tinggi sebaiknya kurangi konsumsi daging merah, walaupun sangat baik untuk menambah sel darah merah, Karena daging merah ini mengandung kolesterol yang amat tinggi dan kalori. Hindari juga membakar atau menggoreng daging yang berlemak banyak.

2. Konsumsi Omega 3

Perbanyaklah mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang membantu meningkatkan kolesterol HDL, misalnya : Ikan, Biji rami, Kacang-kacangan dan Almond yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.

3.Minyak Zaitun

Usahakanlah masak menggunakan Minyak Zaitun yang mengandung antioksidan karena dapat menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol buruk ) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik), Disarankan bagi Anda mengonsumsi kira-kira dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.

4. Bawang Putih

Bawang putih daapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi, karena itu perbanyaklah untuk mengkonsumsi bawang putih.

5. Teh Hitam

Teh telah menjadi lazim dalam konsumsi sehari-hari sebagai minuman pendamping, Jika kadar kolesterol Anda tinggi, Usahakan mengkonsumsi Teh Hitam 1 cangkir setiap hari sebagai gantinya yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi

Nah, jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka dapat dicoba cara alami menurunkan kolesterol di atas, Selain itu tetaplah melakukan olahraga atau aktivitas fisik sekitar 20 - 30 menit setiap hari yang akan membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi yang akan mengganggu kesehatan Anda.

Tag : kesehatan
Back To Top