Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB INFLUENZA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN


Penyebab Influenza ~ Influenza merupakan sebuah infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini lebih serius daripada flu biasa. Salah satu penyebab dari influenza adalah virus. Virus ini datang melalui udara dan bentuk cairan, dan ketika seseorang terkena cairan tersebut atau menghirupnya maka dia akan terkena penyakit influenza.

bersin tanda influenza

Penyakit ini tergolong penyekit menular. Menurut penelitian ada tiga tipe dari influenza, pertama adalah tipe A, B dan terakhir adalah tipe C. jenis tipe A dan B biasanya berupa flu tahunan atau musiman. Tipe ini menyerang pada musim dingin dan lebih mematikan dari tipe C. Tipe C berbeda dengan dua tipe tadi dan hanya menyebabkan penyakit ringan, tidak mempengaruhi pasien separah tipe A dan B.

Virus ini menyebar dari yang terinfeksi ke orang yang sehat melalui kontak langsung, melalui bersin, batuk, atau benda-benda seperti saputangan. Untuk menyembuhkan penyakit ini terdapat sebuah vaksin, dan biasanya vaksin tersebut berupa suntikan. Jika semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin maka virus akan semakin berkurang.

hidung meler tanda influenza

Influenza mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas dan jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah pneumonia, menyebabkan penyakit lain dan mengancam nyawa jika terjadi komplikasi serius, apabila pengobatan tidak diberikan tepat waktu. Biasanya orang cenderung salah paham influenza sebagai flu biasa karena gejala utama kondisi ini umum yaitu hidung dingin dan keluar cairan dari hidung.

Inkubasi influenza sangat pendek antara satu sampai tiga hari. Gejala umum influenza adalah demam, nyeri otot dan menggigil, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, bersin, berkeringat, sakit tenggorokan dan iritasi mata.

Musim flu mencapai puncak di musim dingin. Vaksinasi berbeda dibuat untuk musim flu yang berbeda setiap tahun. Vaksin influenza dikembangkan mengandung virus tidak aktif. Perlindungan yang diberikan vaksin tergantung efektivitas strain yang digunakan untuk membuat vaksin.

Saat ini berbagai obat digunakan untuk mengobati influenza dan bisa di dapatkan di apotek atau dari toko obat lainnya. Tapi untuk vaksinasi, biasanya harus sesuai dengan resep dokter atau di anjurkan oleh pemerintah.

Perlu di ingat bahwa virus ini cukup berbahaya dan jika dibiarkan begitu saja atau bahkan malah menunggu penyakit sembuh dengan sendirinya akan menyebabkan keparahan pada influenza yang tidak terduga. Ini bukan flu biasa, bahkan jika anda mengalami gejala yang disebutkan di atas dan merasa bahwa itu berbeda dari flu yang pernah anda alami maka segera lakukan pemeriksaan dokter.

Rajin berolahraga dan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin sangat bagus untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membuat tubuh lebih kebal dari penyakit lain yang ada di lingkungan sekitar anda.

Upayakanlah agar tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang mengidap penyakit influenza  Jika terlihat ia sedang bersin usahakanlah untuk segera menutup hidung Anda beberapa saat dan tidak menggunakan sapu tangan yang digunakan si penderita.
Tag : kesehatan
Back To Top