Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

CARA MENCEGAH GIGI BERLUBANG


cara mencegah gigi berlubang
Gigi berlubang seringkali menimbulkan kerusakan gigi merupakan faktor alami yang terjadi pada semua manusia. Namun, tidak semua orang demikan tergantung perawatan yang telah dilakukannya dalam waktu setiap hari. Biasanya anak usia dini yang sering makan permen dan tidak pernah menyikat gigi di pagi hari atau malam hari, tentu akan menimbulkan muncul nya gigi berlubang. Akan tetapi, timbulnya gigi berlubang tidak pada usia dini saja, orang dewasa pun akan mengalami hal demikan.

Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Apabila anda sering mengkonsumsi makanan dan minuman dan tidak mau mengalami gigi berlubang, maka anda harus mencegahnya dengan baik. Sehingga gigi anda tidak dapat menimbulkan lubang yang lebih besar.

Berikut ini adalah cara mencegah gigi berlubang yang lebih mudah dan aman.

1.Menggosok gigi

Bakteri biasanya akan hidup didalam mulut seseorang. Salah satu penyebab timbulnya Bakteri adalah sisa makanan yang menempel gigi menjadi asam. Potongan-potongan makanan dicampur dengan asam, dan air liur yang tercampur dengan bakteri akan menjadi pembentukan zat lengket yang dikenal sebagai sisa makanan. Apabila seseorang mengunyah makanan, maka sisa makanan tersebut akan cenderung berdiam pada gigi. Selama berjalannya waktu, sisa makanan tersebut tidak dihilangkan dari gigi, ini akan menimbulkan gigi berlubang.

Kerusakan gigi mulai terjadi jika sisa makanan tidak dibersihkan. Untuk mencegah gigi berlubang, anda harus membiasakan diri menggosok gigi setelah makan dan sebelum waktu tidur. Merawat gigi yang berlubang menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang dan bau mulut yang tidak sedap.

2.Pengobatan

Pengobatan merupakan salah satu perawatan yang paling umum yang dilakukan oleh seseorang pada saat memiliki gigi berlubang. Biasanya Dokter gigi akan memasang gigi palsu ataupun hanya sekedar penambalan setelah membersihkan bakteri atau sisa makanan yang menempel pada gigi dengan cara melakukan bantuan bor dan bahan lainnya. Penambalan atau gigi palsu biasanya terbuat dari bahan emas, emas, perak dan platinum. Tergantung dari seseorang yang ingin menggunakannya pada saat penggantian atau penambalan gigi.

Kedua metode seperti ini merupakan struktur gigi secara signifikan yang menghindari rongga gigi lebih luas dan menjadi pilihan terbaik bagi semua orang. Langkah pertama adalah penambalan daerah lubang gigi yang rusak. Setelah bagian gigi dibersihkan, penambalan akan ditempatkan pada atas gigi sampai meliputi daerah lubang tertutup. Biasanya, bahan tambalan ini terbuat dari logam atau resin komposit, dan porselen yang ditempelkan sesuai struktur.

Seperti halnya dengan segala macam pengobatan. Sebelum dimulai, gigi berlubang akan ditempelkan tambalan untuk memperbaiki gigi menjadi lebih baik. Sehingga akan menghasilkan gigi menjadi sehat dan kuat. Dengan demikian, jika anda menderita masalah gigi dan berencana untuk pergi ke dokter, and bisa bertanya penyebab terjadinya gigi berlubang dan hal apa yang harus dilakukan untuk mencegah gigi berlubang.
Tag : kesehatan
Back To Top